Rumusan Kompetensi Jurnalistik

Berikut adalah struktur rumusan kompetensi program studi Jurnalistik:

Kompetensi Utama 

  1. Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang jurnalistik surat kabar, radio, televisi dan internet serta beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah jurnallistik surat kabar/radio/televisi/internet.
  2. Mengetahui konsep teoritis bidang pengetahuan spesialis dan mendalam di bidang-bidang jurnalistik surat kabar/radio/televisi/internet serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural jurnalistik surat kabar/radio/televisi/internet.
  3. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi dalam bidang jurnalistik surat kabar/radio/televisi/internet.
  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi dan individu dalam bidang jurnalistik surat kabar/radio/tv/internet.

Kompetensi Pendukung 

  1. Mampu memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam merancang dan mengelola kegiatan jurnalistik surat kabar/radio/televisi/internet.
  2. Mampu memecahkan permasalahan jurnalistik dengan memanfaatkan ilmu dan teknologi informasi dan komunikasi.
  3. Mengusai konsep dan teori tentang jurnalistik serta mampu menerapkan konsep dan teori tersebut dalam mengelola lembaga dan kegiatan jurnalistik surat kabar/radio/televisi/internet.
  4. Mampu menawarkan alternatif penyelesaian masalah prosedural untuk efektifitas dan efisiensi pengelolaan lembaga dan kegiatan jurnalistik surat kabar/radio/televisi/internet.
  5. Menguasai metode dan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif dalam bidang jurnalistik surat kabar/radio/televisi/internet.
  6. Mampu menyusun telaahan (evalusai) tentang kelebihan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam proses penyelenggaraan lembaga dan kegiatan jurnalistik.
  7. Mampu memanfaatkan informasi dan data dalam menentukan alternatif yang paling tepat dalam pemecahan masalah jurnalistik.
  8. Mampu mengelola lembaga dan kegiatan jurnalistik surat kabar/radio/televisi/internet dengan berpedoman pada nilai-nilai kejujuran, seimbang, adil dan demokratis baik secara individual maupun tim.

Kompetensi Lainnya 

  1. Berpikir logis dan berstruktur berdasarkan kaidah ilmu pengetahuan dalambidang jurnalistik surat kabar/radio/televisi/internet.
  2. terampil dalam mengelola lembaga dan kegiatan-kegiatan jurnalistik surat kabar/radio/tv/internet.

Tinggalkan komentar